Yang Nyebelin di Bioskop...

Sebagai penggemar film, yang namanya bioskop pasti sering banget jadi tempat tujuan. Begitu juga dengan gue. Bioskop ini tempat paling sering kedua yang gue kunjungi setelah masjid (postingan riya).

Tau nggak sih, satu hal dari bioskop yang paling gue sesali? Yaitu bahwa gue hidup di zaman di mana bioskop udah modern, udah keren, udah nyaman, udah adem kayak tatapan mata kamu yang menatap aku lalu mengelap pinggiran bibir aku yang belepotan saus tomat. Gue selalu penasaran dengan kehidupan bioskop di mana 21, Cinemax, atau Blitz belom nongol. Dari cerita-cerita orang tua terdahulu, bioskop jadul itu kacau abis. Kursinya kayak kursi metromini, di dalemnya ada kang tahu atau kacang rebus, boleh ngerokok, terus kalo yang diputer film India dan lagi adegan joget semua penontonnya ikutan. Pasti nyebelin dan seru!

Tapi kalo bicara soal nyebelin, di zaman bioskop modern juga ada aja kejadian nyebelin. Ada beberapa kejadian yang bikin gue gregetan pas nonton di bioskop.

1. Ngaret
Bukan filmnya. Tapi orang yang diajak nonton. Biasanya nih kalo nontonnya rame-rame. Entah kenapa dalam suatu populasi ada aja satu individu yang kemampuan ngaretnya di atas rata-rata. Udah gitu minta ditungguin, nggak mau ditinggal masuk duluan. Begitu dia dateng dan masuk studio, filmnya udah mulai hampir sepertiganya. Kalo di film Captain America, itu udah masuk adegan di mana Captain America pindah kewarganegaraan jadi warga Jepang terus ganti nama jadi Captain Tsubasa.


2. Spoiler
Nggak ada bencana yang lebih besar dari penggemar film selain spoiler atau bocoran jalan cerita. Kadang nih gue nonton di sebelah orang yang udah nonton lebih dari sekali film yang gue tonton saat itu. Tuh orang nonton bareng temennya. Temennya ini kepo abis. Dikit-dikit nanya. Jadinya spoiler on the spot.

“Itu siapa?”

“Han Solo.”

“Ohhh…keren banget dia.”

“Ah, ntar juga mati dia di tusuk anaknya sendiri.”

“WOY BISA DIEM, NGGA? BELOM PERNAH DIKHITAN PAKE LIGHT SABER YA?!?!?!?”


3. Nggak Sesuai Umur
Ini ganggu banget, beneran. Terutama orang tua yang ngajak anak kecilnya. Gue nggak ngerti dulu ada aja orang tua yang ngajak anak kecil nonton Les Misserable. Mungkin pertama masuk bioskop tuh anak girang, dapet pop corn ama es orson. Begitu makanannya abis, baru deh tuh anak bosen. Nangis kejer, nanya kapan jagoannya muncul. Atau pas gue nonton Star Wars VII kemaren, ada anak kecil yang nggak ngerti ceritanya. Akibatnya itu anak maen loncat-loncatan di lantai. Kadang guling-gulingan. Tereak-tereak pula. Gue bawaannya pengen manggil guru TK terus bangun perosotan, ayunan, ama jungkat-jungkit di dalem bioskop.

4. Bolak-balik ke Toilet
Plis lah sebelom nonton tuntaskan dulu hajat yang tersimpan. Atau jangan kebanyakan minum biar kandung kemih nggak penuh. Ganggu banget penonton lain tau, kalo kelewat sering bolak-balik toilet. Apalagi kalo yang sering bolak-balik ini duduknya di paling pojok. Kesel kan kalo lagi seru-serunya nonton tiba-tiba gelap dan ada siluet kepala orang? Saran aja ini mah, kalo bisa jalan menuju toilet itu dibuat halang rintang, pake kawat berduri atau kolem lumpur. Jadi orang mikir-mikir dulu kalo di tengah film mau ke toilet.

5. Bawa Bekel
Seketat-ketatnya peraturan bioskop untuk nggak bawa makanan/minuman dari luar, tetep aja ada yang berhasil meloloskan diri bawa makanan/minuman sendiri. Kalo sekedar cemilan sih oke lah. Gue juga sering melakukannya. Tapi pernah ada yang bawa nasi berikut lauknya. Lagi khidmat memandang wajah Scarlett Johanson, tiba-tiba dibuyarkan oleh bau sayur lodeh. Udah gitu dessertnya kerupuk, suara krauk-krauknya ganggu banget. Kegiatan absurd itu ditutup oleh suara sendawa kekenyangan. Masa-masa nasi padang gantiin pop corn sudah sangat dekat, bersiap lah.

Banyak sih kejadian nyebelin lainnya di bioskop. Tapi segitu aja dulu, lain waktu gue tulis lagi. Follow aja blog gue atau twiter biar nggak ketinggalan ceritanya. Akhirul kalam, duduk lah yang tenang dan nikmati pertunjukkan filmnya. Hormati orang yang duduk di sebelah, depan, dan belakang. Karena kita tidak akan pernah tau adegan mana dalam film yang menginspirasi, dan mumgkin saja, mengubah hidup kita.

9 komentar

  1. Hahaha... Ternyata mau sekeren apa juga bioskopnya, tetep aja kebiasaan mah gak mudah dirubah.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mas. Mas Ari ada pengalaman aneh juga kah di bioskop?

      Delete
  2. yang paling nyebelin ada suara aneh dari Tribun paling atas..... dan satu lagi orang yang udah tau ceritanya tapi ia jelasin ke temennya adegan selanjutnya.. kan nyebelin banget....

    ReplyDelete
    Replies
    1. (((TRIBUN)))

      Mas Irwin nonton film di stadion?
      Hahaha

      Delete
  3. Sebagai newbie dalam dunia per-bioskop-an, aku baru tau kalau ada yg sampai bawa bekel. Berasa nontom di depan TV yg ada di rumah dong, yak. Wkwkwk

    ReplyDelete
  4. I feel you, brooo.. :)) ama satu lagi, orang yang lagi nyalain hape pas filmnya lagi tengah main. nyebelin banget dan bikin pusing.

    ReplyDelete
  5. bawa bekel nasi padang, kaya mau camping !!! sangat lucu ! :))

    ReplyDelete
  6. Ketika ada orang yang duduk dibelakang kursi kita dan nendang2 kursi yg kita dudukin padahal bukan lagi nonton film action (lagi tertawa, ganti posisi badan atau xxx. Entahlah...).

    ReplyDelete
  7. wkwkwkwk lucu juga mereka yang bikin nyebelin di bioskop, sayangnya gw ga pernah nonton di bioskop -_-

    adibriza.com

    ReplyDelete

My Instagram