Motret Stage di Jak Cloth 2014

Apa yang paling happening di Jakarta minggu lalu? Yak, Jakarta Clothing Fair atau biasa disingkat Jak Cloth. Ini semacam ‘hajatannya’ para pengusaha clothing line untuk unjuk gigi produk-produknya. Acaranya makin rame karena digelar di minggu yang banyak tanggal merahnya, yaitu ditanggal 28 Mei-1 Juni 2014.
Tanggal 29-nya gue ikutan nimbrung nih. Niatnya sih gue ke Jakarta jalan-jalan aja gitu, nikmatin sepinya Ibu Kota di hari libur. Tapi timeline rame banget ngomongin tentang gelaran fashion yang satu ini. Akhirnya gue meluncur ke Parkir Timur Senayan, tempat booth-booth distro peserta Jak Cloth bertebaran.
Mata gue langsung berbinar ketika sampe sono, bukan hanya karena banyaknya SPG yang bening-bening dengan cara nawarin produknya yang gue jamin bikin cowok merasa sepuluh tahun lebih muda, tapi juga karena gue baca di rundown acaranya ada beberapa bintang tamu yang yahud banget. Mulai dari band indie kayak Still Virgin, Dhyo Haw, Endah n Rhesa, dan Payung Teduh. Masih pada asing ya denger nama mereka? Yah namanya juga band indie, pendengarnya segmented banget. Eh, tapi di penghujung acara ada Sheila on 7 loh! Kalo ini mah yang masa remajanya bahagia pasti tau dong!
Untungnya, pas nonton mereka gue bawa kamera. Jadi lumyan bisa mengasah kemampuan gue motret stage. Yah walopun kamera yang gue pakai bener-bener yang entry level. Jadi terbatas banget. Cuma bisa maen di speed minimal 1/10”, bukaan F4.5, dan ISO gue mentokin di 800 atau 1600 biar foto tetep terang. Tapi sayangnya, noisenya jadi bertebaran. Hhhhh….



Still Virgin. Band indie aliran alternative. Ternyata yang tau lagunya udah banyak. Yang laen nyanyi gue malah bengong. Paling banter loncat-loncat pas di beat yang menghentak.
Yang agak susah tuh pas ngambil foto Dhyo Haw. Begitu band ini tampil, semua penggemar reggae yang mayoritas cowok menyerbu depan panggung. Mereka nih kompak banget, jogetnya asik rapet-rapet, gue jadi agak susah ngambil foto yang stabil. Kamera pas-pasan, lighting panggung yang nggak terprediksi, nggak bawa monopod, dan pakai lensa kit 18-55mm itu sangat membatasi gue untuk motret. Tapi karena keterbatasan itulah gue jadi 'kreatif', gue mesti memanfaatkan tiap celah diantara manusia yang lagi joget reggae, termasuk dari celah ketek mereka. Yooo maannn....

Untungnya masih keambil foto band beraliran reggae ini. Ini sebenernya foto under expossure, tapi gue edit pakai potosop.

Kemudian tibalah Endah n Rhesa tampil. So sweet banget deh ini duo suami istri. Gue ikutin lagu-lagu mereka belum lama ini. Sebagai duo yang memilih jalur indie, couple ini termasuk yang sering tampil di televisi. Format bentuk dan musiknya juga unik sih ya. Endah sebagai vokalis sambil pegang gitar akustik dan Rhesa sang suami berambut gimbal dan gigi gingsulnya begitu nyaman membetot bass, bikin gemes siapapun penikmatnya. Gue lumayan banyak dapet foto pasangan ini.


Rhesa. Skill ngebass-nya dewa!

Endah.  Suara tingginya...

"Kalian, jangan beli kaset bajakan ya. Iya!"

Kaaannn...so sweet kaaannn...


         Kelar Endah n Rhesa, mestinya di panggung yang sama ada Payung Teduh. Tapi gue mesti ke panggung laen buat nonton salah satu band favorit gue, Sheila on 7! Berasa banget perpindahan dari panggung band-band indie ke panggung band major label. Begitu sampe di stagenya Sheila, ternyata ada Souljah yang lagi ngajak ratusan orang joget. Gila, padet banget. Gue nggak kebagian biar sedikit space. Alhasil, gue cuma dengerin Souljah nyanyi tanpa ngeliat mereka.
        Souljah selesai, kepadatan mulai mencair. Kesempatan ini gue gunakan untuk merangsek lebih ke depan. Tapi...tetep gue mentok di jarak yang cukup jauh dari panggung. Emang sih kebanyakan Sheila Gank waktu itu cewek. Tapi cewek-cewek ini pada di 'pagerin' sama cowoknya. Mana cowoknya tinggi-tinggi dan bau keringet. Jadi deh gue ambil foto sekenanya aja.

Foto Om Duta. Waktu ngambil foto ini siku tangan gue di atas kepala orang. Gue bisa pulang dengan selamat, itu udah alhamdulilah =)


      Gitu aja pengalaman motret stage di Jak Cloth. Hasilnya masih jauh dari harapan sih, tapi ini lumayan buat gue yang jarang motret panggung. Pokoknya, next time kudu bawa lensa tele dan monopod. Ya kalo bisa sih kamera gue juga udah up grade gitu. Semoga ada rezeki. Amiinnn....

Eh, eh...walopun nggak nonton Payung Teduh, gue sempet foto bareng vokalinya loh. Namanya Mas Is. Tampang boleh sangar, tapi hati dan aliran musiknya teduh banget.


4 komentar

  1. bdw, ntu band reggae yang lu poto namanya bukan gangstarasta, tapi dhyo haw #fyiajahsih

    ReplyDelete

My Instagram