Monday, 26 April 2021

Review HP OPPO A54

Alhamdulillah, Ramadan tiba. Dari sisi apa pun bulan penuh berkah ini benar-benar ditunggu oleh semua orang. Walaupun dua tahun terakhir ini kita lalui di tengah pandemi, namun berkah Ramadan tetap tidak berkurang. Salah satu yang paling ditunggu ketika Ramadan tiba, selain keutamaan pahala ibadah, adalah Tunjangan Hari Raya yang berarti juga semakin dekat. Hayo, yang jago financial planning pasti sudah membagi sedemikian rupa pos-pos penggunaan uang setara dengan sekali gaji itu.

Memang kebutuhan orang berbeda-beda, sih. Tetapi tidak sedikit pula yang memanfaatkan uang THR ini untuk mengganti handphone mereka. Perkembangan teknologi dan internet yang semakin cepat memang memungkinkan bagi produk-produk berbasis digital cepat sekali terasa usang meski rasanya produk tersebut belum lama rilis. Semakin ke sini, HP juga seperti dituntut untuk memiliki fitur tambahan. Mungkin kurang dari sepuluh tahun yang lalu kita hanya tahu fungsi benda ini untuk telpon, SMS, dan paling jauh browsing internet yang kecepatannya setelah diklik kita masih sempat bikin candi atau bantu pemda bikin sodetan kali Ciliwung.

Lalu sekarang, HP dengan fitur yang multitasking seperti wajib berada dalam genggaman. Fitur-fitur ini bukan hanya pelengkap, melainkan sudah menjadi komponen primer yang mesti ada. Contoh kecilnya seperti kamera, dahulu kamera di HP ya buat lucu-lucuan selfie atau foto profil Friendster. Nah sekarang kamera HP sudah bisa untuk fotografi bahkan bikin video utuh dari mulai pengambilan gambar hingga editing.

Solusinya, untuk mengakali supaya tidak terlalu tertinggal antara fungsi dan pendukung teknologinya, maka kita perlu mencari HP yang secara spesifikasi sudah high end. Kalau saya perlu mengganti HP saya, maka akan saya alokasikan THR saya untuk beli OPPO A54. Baru rilis tanggal 1 April 2021 kemarin, masih gress.

 

Desain

Desain stylish dan kokoh menjadi salah satu factor kenapa saya akan memilih HP ini. Kesan modernnya dengan 3 kamera utama, lampu flash, di sudut kiri atas bikin pede nenteng-nenteng ini HP. Semakin eye cathing karena bagian ini memiliki warna berbeda dari keseluruhan bodi perangkat. Materialnya juga terbuat dri bahan terbaik. Rangka tengah setebal 0,2mm yang dipadukan dengan alumunium membuatnya penuh kesan kekar, dan solid. Walau kokoh bingkai perangkat ini tidak membosankan karena memiliki tampilan gradasi bingkai yang smooth. Dengan dimensi163.6 mm x 75.7 mm x 8.4 mm dan berat: Sekitar 192 gram, perangkat ini sudah sangat ergonomis.

 


Layar

Coba deh jembrengin macem-macem HP yang sekelas dengan OPPO A54, maka akan kita temukan bahwa layar OPPO A54 ini paling modern. Kehadiran layar bertipe single punch-hole 6.51 inci menjadi pembeda perangkat ini disaat kompetitor lain menawarkan solusi layar waterdrop pada harga yang setara. Kehadiran layar ini juga dilengkapi berbagai teknologi tinggi yang sebelumnya diperkenalkan pada perangkat Reno5 F.

Ada juga fitur eye comfort yang bisa menyesuaikan cahaya biru supaya mata tidak terlalu tegang. Fitur ini bisa diaktifkan secara manual, loh. Fitur ini cukup membantu untuk bapak-bapak yang kecerahan layar HP nya secerah masa depan Rafathar. Teknisnya begini: Sunlight Screen menawarkan visibilitas terbaik untuk layar smartphone pada kondisi di bawah sinar matahari terik. Kecerahan layar akan meningkat 14,5% secara otomatis atau setara dengan 550 nits.Moonlight Screen secara otomatis mengurangi keceraha layar hingga 2 nits pada lingkungan rendah cahaya atau malam hari, membuat cahaya layar menjadi lembut dan tidak menyilaukan mata. AI Smart Backlight dapat mempelajari kebiasaan pengguna saat menyesuaikan lampu latar dan merekam kecerahan yang disukai pengguna. Setelahnya, fitur ini dapat menyesuaikan secara otomatis kecerajan layar sesuai preferensi dan waktu yang dipelajari dari pengguna.

Soal keamanan jangan khawatir, perangkat ini dilengkapi dengan sensor sidik jari samping untuk mencegah yang suka iseng bajak membajak atau kepo dengan isi HP kita.

 

Kamera

Nah, ini nih salah satu fitur yang kadang paling menentukan seseorang beli sebuah HP atau tidak. Kamera. Instagram, Tiktok, Zoom, hingga status WhatSapp memerlukan  kamera HP yang mumpuni. Apalagi target pasar OPPO A54 ini adalah anak muda yang hampir pasti memiliki akun medsos yang saya sebutkan tadi. Memenuhi tuntutan pengguna muda lini seri A di Indonesia, OPPO melengkapi A54 dengan Triple Main Camera yang terdiri dari kamera utama 13MP, 2MP kamera makro dan 2MP kamera bokeh. Kamera ini dilengkapi berbagai fitur kecerdasan buatan yang dapat digunakan pengguna muda untuk mengungkapkan berbagai ekspresi mereka melalui media sosial.

Dazzle Color ketika diaktifkan dapat meningkatkan saturasi dan kecerahan gambar melalui sebuah algoritma kecerdasan buatan, menghadirkan gambar cemerlang yang kaya warna. Sementara, fitur cerdas lainnya, AI Scene Recognition mendukung pengenalan otomatis ketika digunakan, ada 23 suasana yang dapat dikenali oleh perangkat ini. Ultra Night Mode menjadi solusi fotografi malam hari. Fitur ini diaktifkan secara manual, pada lingkungan rendah cahaya secara otomatis eksposur akan meningkat, perangkat melakukan pengukuran berbasis kecerdasan buatan kemudian melakukan penyesuaian untuk memberikan cahaya pada bagian gelap sesuai. OPPO A54 juga dilengkapi fitur untuk mengambil gambar panorama dengan sudut 180°. AI Beautification 2.0 dapat diakses melalui kamera depan dan belakang. OPPO memperbaharui kemampuan fitur ini pada A54 sehingga dapat mekalukan penyesuaian cerdas dengan mengukur cahaya sekitar dan kemudian menerapkan efek percantik sesuai dengan warna kulit orang Indonesia terutama saat mengambil swafoto. Buat saya yang hobi traveling, spesifikasi kamera seperti ini sungguh mewah.

Bisa diset ke kamera makro, loh. Buat yang hobi fotografi bisa memotret objek-objek kecil dengan lebih leluasa dan detail. Ada juga fitur bokeh buat yang menginginkan objek fotonya full fokus dengan latar bokeh yang bak foto dengan kamera berlensa.          

 


Hardware & Software

OPPO A54 dibekali dengan RAM 4GB LPDDR4X, mantap nih, main PUBG atau Mobile Legend tidak perlu takut kena semprot kawan mabar karena pakai HP kentang. Memorinya 128GB dan bisa diupgrade hingga 256GB, puas deh menyimpan berbagai file mulai dari foto-foto traveling hingga file kerjaan kantor. Dengan spek tinggi tersebut, kita tidak perlu sering-sering bawa power bank, karena baterainya berkekuatan 5000mAh dengan fast charging. Untuk internetan saja, baterainya bisa tahan selama 36 jam.

OS-nya sendiri menggunakan ColorOS 7.2 berbasis Android 10, OD tertinggi di kelasnya. Untuk kelir bodinya bisa dipilih apakah starry black atau crystal blue. Dan OPPO A54 ini menjadi rekomendasi smartphone 2 jutaan dari OPPO. Harganya? Dibanderol harga Rp. 2.699.000, saya rela menyisihkan THR saya untuk memboyong HP ini.

Marhabban ya THR….


No comments:

Post a comment

author
Yosfiqar Iqbal
Penyuka jalan-jalan, dan pecinta tulis menulis. Melakukan keduanya sekaligus disela-sela kesibukan menjadi karyawan, anak kos, dan rindu yang jarang terbalas.