5 Tips Mudik Aman Dan Nyaman Menggunakan Motor

Sejak pesatnya pembangunan infrastruktur jalan, dan kemudahan untuk membeli sepeda motor, kendaraan roda dua ini memang menjadi kebutuhan utama transportasi di banyak ota besar di Indonesia. Sepeda motor yang awalnya hanya dipakai untuk keperluan jarak dekat atau maksimal masih dalam satu provinsi, kini bisa pergi jauh melewati dua-bahkan tiga provinsi.

Menjelang lebaran, masyarakat Indonesia kerap menggunakan waktu libur untuk kembali ke kampung halaman untuk melepas rindu dengan keluarga maupun sanak saudara. Terlebih Anda dimudahkan dengan pilihan transportasi umum dan kendaraan pribadi untuk perjalanan jauh Anda. Bila menggunakan transportasi umum, Anda bisa mencari tiket murah untuk pilihan transportasi darat, udara dan laut yang sebaiknya dipersiapkan secara jauh hari. Lain halnya bila memakai kendaraan pribadi seperti mobil dan motor.

Walaupun resikonya paling besar, dan saya sangat menyarankan untuk mudik ke kampung halaman dengan angkutan umum saja, kalau situasi memang harus menggunakan sepeda motor, ada baiknya menyimak tips-tips mudik dengan motor berikut: 



1. Kondisi tubuh dan psikis yang baik. Saat Anda melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan bermotor, sebaiknya Anda melakukan persiapan fisik dan mental yang baik. Hal tersebut berguna agar stamina dan psikis Anda menjadi lebih terlatih saat mengendarai motor dengan jarak yang cukup jauh. Sebaiknya Anda memulai istirahat yang cukup sebelum memulai perjalanan, dan tidak melakukan kegiatan fisik yang berlebihan. Untuk melatih fisik, Anda bisa rutin untuk mengendarai selama dua hingga tiga jam lamanya diselingi istirahat kecil. Anda juga jangan mengkonsumsi kopi dan minuman berenergi yang berlebihan sebelum mudik.


2. Cek kondisi motor.

Terdapat empat bagian penting kendaraan bermotor yang harus Anda periksa saat hendak melakukan perjalanan jauh. Bagian penting seperti roda, lampu-lampu, rem, dan mesin menjadi bagian prioritas Anda bila akan melakukan servis di bengkel ataupun diperbaiki sendiri. Pada roda, Anda bisa mengecek kondisi ban, jari-jari atau velg, dan rantai yang menjadi penggerak roda. Untuk lampu-lampu berfungsi dengan baik karena penerangan bisa menjadi alat komunikasi pengendara dengan pengguna jalan lainnya. Pastikan juga sistem pengereman berfungsi baik, cek tebal dan kebersihan kampas rem. Terakhir adalah cek kondisi mesin, pastikan oli dalam kondisi baik dan mesin memiliki tenaga yang terbaik.

3. Perlengkapan berkendara untuk keamanan


Agar keselamatan Anda terus terjaga, Anda diharus memakai perlatan safety yang lengkap. Siapkan helm full face, jaket, sarung tangan, celana panjang dengan bahan tebal, sepatu, serta masker untuk berkendara dalam perjalanan jauh. Tambahkan juga alat pelindung lainnya seperti deker, rompi pelindung angin dan jas hujan dengan warna yang mencolok. 


4. Patuhi tata tertib berlalu lintas

Jalur mudik di pulau Jawa terkenal padat dengan jutaan kendaraan baik pribadi maupun umum melalui jalur protokol setiap harinya. Oleh karena itu, pengendara harus beretika lalu lintas secara baik. Disiplin dan etika saat mengendarai motor menjadi hal yang penting untuk keselamatan Anda. Utamakan rasa saling menghormati sesama pengendara jalan. Usahakan untuk terus bersabar menyikapi masalah, dan kendalikan motor dengan aman. Perhatikan serta patuhi juga rambu-rambu lalu lintas agar pengendara dan pengguna jalan lainnya untuk menciptakan suasana aman saat mudik.


5. Rencana perjalanan
Itienary atau rencana perjalanan yang terjadwal dengan baik akan memudahkan Anda untuk mengenali jalur yang akan dilewati. Catat titik-titik penting atau rawan, serta nomor darurat seperti kantor polisi, rumah sakit, dan lainnya. Hindari bawa barang berlebihan dan gunakan fasilitas jasa pengiriman bila ada barang yang harus dibawa saat mudik ke kampung halaman Anda. Untuk beristirahat Anda bisa menggunakan posko-posko kendaraan bermotor yang tersebar di seluruh jalan protokol Indonesia.
Sekian tips mudik dengan motor dari saya. Tujuan dari mudik adalah berkumpul bersama keluarga, dan sanak saudara. Jadi keselamatan adalah yang utama. Selamat mudik, salam dari saya untuk keluarga di kampung halaman =)

0 komentar:

Post a Comment

My Instagram