Mau Tahu Nama Kereta Api yang Berangkat ke Kota Tujuanmu? Ini Daftarnya!

Monday, August 28, 2017





Sumber https://id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Argo_Bromo_Anggrek

Berbeda kota tujuan, tentu berbeda pula kereta api yang harus dinaiki. Saya kadang masih bingung kaluau dalam memilih jadwal, dan kereta apa waktu mau travelling. Biasanya karena bingung dan kurang informasi tentang nama kereta dan tujuannya, saya kerap kehabisan tiket. Kereta kan sekarang jadi transportasi primadona karena keekonomisan dan ketepatan waktnya. Maka dari itu saya buat daftar nama kereta sekaligus stasiun keberangkatan dan tujuannya. Silahkan disimak, siapa tahu ada kota yang mau dikunjugi untuk jalan-jalan, pulang ke kampung halaman, atau mau mengajak saya untuk mengunjungi Kota Solo, mungkin. Ah, saya kangen solo.


Berikut daftarnya:

1. Argo Bromo Anggrek
  • Jurusan                        : Gambir – Surabaya Pasar Turi
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Jatinegara, Cirebon, Pekalongan, Semarang Tawang, Surabaya Pasar Turi
2. Argo Dwipangga dan Argo Lawu  
  • Jurusan                          : Gambir – Solo Balapan
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Jatinegara, Cirebon, Purwokerto, Kutoarjo, Yogyakarta, Klaten, Solo Balapan

3. Argo Muria dan Argo Sindoro  
  • Jurusan                        : Gambir – Semarang Tawang
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Jatinegara, Bekasi, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang

4. Argo Wilis  
  • Jurusan                         : Bandung – Surabaya Gubeng
  • Stasiun Pemberhentian : Bandung, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Banjar, Kroya, Kutoarjo, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Jombang, Surabaya Gubeng
5. Bangunkarta
  • Jurusan : Gambir – Surabaya GubengStasiun 
  • Pemberhentian : Gambir, Cirebon, Tegal, Pemalang, Pekalongan, Semarang Tawang, Solo Jebres, Paron, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Gubeng
6. Bima
  • Jurusan : Gambir – Malang
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Jatibarang, Cirebon, Purwokerto, Kemrajen, Sumpiuh, Ijo,Kebumen, Prembun, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Nganjuk, Jombang, Mojokerto, Surabaya Gubeng, Sidoarjo, Lawang, Malang
7. Gajayana
  • Jurusan : Gambir – Malang
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Cirebon, Purwokerto, Gombong, Kebumen, Kutoarjo,Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Kertosono, Kediri, Tulungagung, Blitar, Wilingi, Kepanjen, Malang Kota Lama, Malang

8. New Argo Jati
  • Jurusan : Gambir – Cirebon
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Bekasi, Jatibarang, Cirebon

9. Purwojaya
  • Jurusan : Gambir – Cilacap
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Maos, Cilacap

10. Sembrani
  • Jurusan : Gambir – Surabaya Pasar Turi
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Cepu, Bojonegoro, Lamongan, Surabaya Pasar Turi


11. Taksaka

  • Jurusan : Gambir – Yogyakarta
  • Stasiun Pemberhentian : Gambir, Cirebon, Purwokerto, Kroya, Kebumen, Kutoarjo, Yogyakarta
12. Turangga
  • Jurusan : Bandung – Surabaya Gubeng
  • Stasiun Pemberhentian : Bandung Hall, Cipeundeuy, Tasikmalaya, Jeruk Legi, Kroya, Sruweng, Kutoarjo, Yogyakarta Tugu, Solo Balapan, Madiun, Nganjuk, Kertosono, Jombang, Mojokerto, Surabaya Gubeng
Daftar nama kereta api Indonesia sesuai tujuan sudah tahu, lalu bagaimana dengan cara memesan tiket kereta api yang diinginkan? Caranya ternyata mudah, kamu bisa booking tiket kereta di aplikasi Traveloka. Kamu hanya perlu mengisi kolom stasiun keberangkatan dan kolom stasiun kedatangan. Setelah itu kamu pilih jam keberangkatan yang diinginkan diikuti dengan posisi tempat duduk. Selesai, kamu tinggal lakukan pembayaran menggunakan kartu kredit atau transfer ATM.
Oh iya, Jangan lupa untuk menyesuaikan budget untuk beli tiket keretamu. Karena apa? Karena aku cinta dia. Titik.

Hehehe...becanda, kok, serius amat. Begini, karena kelas tiket yang dipesan itu ada dua jenis. Ekonomi dan eksekutif. Harganya jelas berbeda. Yang eksekutif lebih mahal dari yang ekonomi. Tapi tidak perlu khawatir, worth it kok harga yang kamu bayar dengan fasilitas yang didapatkan. Mulai deh dari sekarang kamu bisa susun biaya tiket dalam itinenary perjalananmu.

Kamu bisa turun di sejumlah stasiun yang dilewati oleh kereta api tersebut sebelum menuju stasiun akhir. Jadi perhatikan juga nama kereta api yang bisa berhenti di stasiun tujuanmu, karena tidak semua kereta yang dengan stasiun tujuan akhir sama memiliki stasiun pemberhentian yang sama juga. Misalnya kereta api Turangga dan Bangunkarta sama-sama menuju stasiun Surabaya Gubeng, tapi kereta api Bangunkarta berhenti di stasiun Paron sedangkan kereta api Turangga tidak berhenti di sana.

Jangan lupa untuk mengecek kembali stasiun mana yang memiliki jarak terdekat dengan area tujuanmu karena ada beberapa kota yang memiliki 2 atau 3 stasiun kereta api, seperti kota Malang yang memiliki 2 stasiun yaitu stasiun Malang dan stasiun Malang Kota Lama ataupun kota Jakarta yang memiliki stasiun Gambir dan stasiun Jatinegara. Dengan demikian, kamu bisa menghemat waktu perjalanan sesampainya di kota tujuan.

Sudah siap untuk naik kereta api ke kota tujuanmu? Yuk, jalan-jalan sama saya =)

You Might Also Like

3 comments

  1. beberapa stasiun memang khusus untuk pemebrhentian KA eksekutif dan beberapa untuk KA ekonomi atau campuran
    sepakat, cek dulu stasiun biar gak salah

    ReplyDelete
  2. Dari semua daftar di atas, yang baru aku naiki taksaka aja nih
    Selebihnya blom pernah nyobain
    Tapi itu yang eksekutif kan ya
    Seringnya naik isnis yang sawunggalih klo pas mjdik ke turun kutoarjo

    ReplyDelete
  3. Aku dulu sering banget naik Argo Bromo dari Jakarta ke Surabaya. Begitupun sebaliknya. Makasih sudah berbagi:)

    ReplyDelete

Google+ Badge

Arsip Blog