Ngetes Ilmu di Liga Blogger Indonesia 2016

Tidak sekali dua kali gue nulis tentang ini, tentang alasan gue mengikuti perlombaan atau suatu event yang berhubungan dengan blogging. Sekarang lebih khusus lagi, gue bakal nulis kenapa gue ikutan, katakan lah sebuah kompetisi, yaitu Liga Blogger Indonesia Musim ke-4/2016.

Mungki alasan-alasan umum seperti untuk menambah teman, memperluas wawasan, dan, syukur-syukur dapet followers barang selusin-dua lusin. Oke, itu emang ada dalam list. Tapi bukan itu sekarang yang utama buat gue. Gue merasa udah waktunya bagi gue mendapatkan sesuatu yang ‘lebih’ dari kegiatan blogging gue. Bukan cuma alasan-alasan umum tadi.

Begini, gue ngeblog tentu nggak sembarangan nulis. Dan gue yakin semua blogger waras yang sedang tidak berada di bawah pengaruh alkohol dan acungan senjata juga pasti demikian. Dalam ngeblog, gue memerlukan semua sumber daya yang dalam diri gue. Banyak yang bilang gue berbakat dalam menulis. Nah, bakat lah sumber daya utamanya. Tapi gimana gue bisa yakin bahwa gue benar-benar punya bakat dan minat dalam menulis? Ya salah satu caranya adalah mengetahui pendapat para ahli dibidangnya. Karena gue menulis lewat platform blog, secara otomatis gue butuh tau gimana pendapat dan pandangan blogger lain tentang tulisan gue.

Ikutan Liga Blogger Indonesia 2016 juga sebagai pengukur kemampuan gue dalam mengelola blog secara keseluruhan. Mulai dari kualitas tulisan, sampe penyajian konten berkualitas yang bisa menarik hati seseorang yang mulanya cuma iseng blogwalking, jadi ikutan komentar. Gue mau tau sampe sejauh mana gue bisa bersaing dengan blogger-blogger yang udah pengalaman maupun yang masih baru. Sederhananya sih, ini bisa jadi ajang ngetes ilmu buat gue. Sebanyak apa ilmu yang gue dapet dan mengkorelasikannya ke dalam tulisan.

Kalo udah dapet pendapat, kritik, dan saran lalu kemudian gue tau sejauh mana gue bis bertahan di Liga Blogger Indonesia 2016, gue berharap semoga diri gue terpacu untuk bikin karya yang lebih positif lagi. Lebih rajin lagi nonton film supaya bisa nulis lebih banyak dan lebih informatif tentang film. Semoga gue istiqomah. Amin. *benerin sorban*

Karena ini kompetisi dan ada juaranya, pasti semua pesertanya terbesit hadiah dalam pikiran. Gue realistis aja, dengan kemampuan gue sekarang mungkin cuma bisa lolos babak kualifikasi adalah target paling measurable. Tapi namanya rejeki, siapa yang tau? Kalo boleh berandai-andai dan tarolah gue dalam pengandaian itu gue yang juara di kompetisi ini, makan gue mau hadiahnya tiket nonton di Blitz dengan velvet class buat dua orang. Biar kata movie goers gini gue belom pernah loh nonton di Blitz velvet class. Sedih.

Gue punya kritik dan saran buat penyelenggara Liga Blogger Indonesia 2016. Gue menyoroti khusus untuk sistem pemberian poin dalam kompetisi ini. Berikut gue copas ketentuan pemberian poinnya:

POIN :
  • Mengerjakan Postingan Tema = 1 poin
  • Mengerjakan Postingan Tema dengan durasi waktu tepat = 1 poin.
  • Bila tidak sesuai waktu, tidak masalah. Poin diberikan = 0 poin.
  • Postingan BEBAS maksimal 2 Posting. Total Poin = 1 poin.
  • Mengerjakan Posting Bebas hanya 1 posting, tidak dapat poin alias = 0 poin.
  • Mendapatkan komentar minimal 5 komentar, mendapat poin = 1 poin. Dan kelipatannya seterusnya. *menyesuaikan jumlah peserta tiap grup.
  • Poin KOMENTAR hanya berlaku buat POSTINGAN TEMA.
  • Postingan yang tidak terdapftar di FORM, maka tidak dapat poin sama sekali. LBI mengecek dari sana.

Nah semuanya bersifat ‘fisik’. Gue tidak menemukan pemberian poin berdasarkan hal teknis atau kualitas sebuah postingan. Misalnya seperti kerapihan, ketepatan penggunaan tanda baca, tingkat ke-typo-an, atau kalo mau bisa sampe ke bobot isi tulisannya. Kalo ada poin-poin tersebut gue yakin para peserta publish tulisannya bukan karena hanya memenuhi tenggat waktu yang telah ditentukan. Gitu aja sih kritik dan sarannya. =)


25 komentar

  1. tuh, kan.. paragraf akhirnya bikin greget. jadi harus mikir dua kali lagi kalau mau posting. padahal aku kalau posting kadang asal-asalan. :|

    Sampai ketemu di babak 10 besar, loh, Bang Yos. *yakalimasuk* :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Harus yakin masuk kak Elisa. Semangat terus ya!

      Delete
  2. Nice inpoh bg <- ini komen saya bg, semoga komen ini membuat abang ingin singgah, karena saya ingin mendapatkan poin komen :)

    Pasti banyak ya yg sekedar komen, namun ya seperti itulah ini hanya ajang silahturahim. Btw, berkaitan dengan penilaian konten, iya sih memang gak ada, mungkin kalo ada, bisa lebih membantu lagi mengembangkan potensi tulisan ya kan bg. Tpi, im just ngumpulin kontak blogger ajalah, mana tau tersesat di tempat lain bisa numpang makan gratis :) kalo tempat pertama gak usah deh, gak sanggup saya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih atas kunjungannya Bang Zeindra. Setahap demi setahap, Bang. Pasti bisa.

      Ahahaha...aku mau makan gratis =D

      Delete
  3. Nah ini dia yg buat semangat komentar, klo saya pribadi mas mau belajar, dari liat tulisan tulisan orang, seperti mas ini, ketika yg lain hampir sama semua, mas malah mengemas tulisannya secara keren

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Mas Komburkali. Aku pun masih belajar dan aka terus begitu. Semagat ya Mas... =)

      Delete
  4. Nice inpoh bg <- ini komen saya bg, semoga komen ini membuat abang ingin singgah, karena saya ingin mendapatkan poin komen :)

    Pasti banyak ya yg sekedar komen, namun ya seperti itulah ini hanya ajang silahturahim. Btw, berkaitan dengan penilaian konten, iya sih memang gak ada, mungkin kalo ada, bisa lebih membantu lagi mengembangkan potensi tulisan ya kan bg. Tpi, im just ngumpulin kontak blogger ajalah, mana tau tersesat di tempat lain bisa numpang makan gratis :) kalo tempat pertama gak usah deh, gak sanggup saya

    ReplyDelete
  5. Tujuanmu dalem banget kak, aku ngangguk2 bacanya. Semoga kita bertahan di ajang ini, yak! Haha. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang dalem hanyalah cintaku padanya. Halah. Hahaha..n

      Amin. Semoga ya kak Bulan =)

      Delete
  6. mungkin tujuan utamanya bukan mencari siapa yang tulisannya bagus, tapi siapa yang bisa konsisten untuk babak kualifikasi mas,, mungkin aja babak selanjutnya ada penilaian tulisan,, :) tapi dengan begini aja udah seru sehingga bisa kenal blogger lain dan melatih untuk blogwalking itusih,,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ooohhh begitu ya. Aku baru ikutan ajang ini, baru tau.

      Tetap semangat ya, Mas =)

      Delete
  7. mungkin terkadang saya termasuk yang nulis di bawah pengaruh alkohol ya mas, soalnya saya suka posting tanpa tujuan jelas hahaha.
    saya melihatnya sih untuk di awal ini adalah keseriusan peserta untuk ikut dengan emmenuhi pesyaratan. gitu sudah melewati babak kualifikasi baru peraturannya di perketat.
    serem juga nih mas mau ngetes ilmu, saya apalah apalah yang ilmunya masih sikit banget di dunia perbeloggeran ini :D salam hangat, salam kenal dari IYAH! :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya. Aku baru ikutan ajang ini. Jadi baru tau.

      Ahahaha...serem yak? Aku pun ilmunya masih sedikit. Mari belajar bersama =)

      Delete
  8. Tetep semangat bang Yos, mudah-mudahan bisa mendapatkan apa yang diharapkan.

    Harusnya ada poin dengan kualitas tulisan, karena Gue rasa tulisan bang Yos keren kok.

    Kalau menang di Liga ini, jangan lupa solat lima waktu, dan sedia payung sebelum menang.

    Cayooo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asiiikkk ada Om Rudi. Thanks Om.

      Hahaha...gausah menang juga solat lima waktu jangan lupa.

      Delete
  9. Wah keren nihh, Kak Iqballl
    Sukses untuk grup A

    ReplyDelete
  10. mari ngetes ilmukita di dunia perblogeran ini bang,,
    salam kenal
    @aleksdejavu

    ReplyDelete
  11. Waow, ahah. Ini kocak sih awalnya.
    Tapi semoga makin rajin ngeblognya.
    Salam, :)

    ReplyDelete
  12. wah ngetes ilmu ya ~ menarik kali emang LBI ini ya bang
    Kalau ada penilaian mengenai konten tulisan pasti nulisnya makin berapi-api ya :D ~ sambil melototin tulisan aku yang sering typo

    Salam Kenal
    @Lily_Nur

    ReplyDelete
  13. Semoga menjadi wadah untuk menalbah ilmu
    salah kenal

    @iniyuha, si kening tipis :D

    ReplyDelete
  14. kalo typo, masih menjadi masalah yang teramat sangat besar buatku. :(

    @f_nugroho

    ReplyDelete
  15. Saran juga buat blog ini, yah, bw bukan cuma baca doang udah kan?
    Ini font blognya kekecilan, monggo diedit lagi :D

    @umimarfa

    ReplyDelete
  16. dengan memasukan penilaian kualitas konten, gaya penulisan, kerapihan mungkin dlsb, mungkin akan lebih seru, dan tulisan tulisan pun lebih baik, tidak sekedar tulisan untuk ikut LBI.
    maaf kalau salah,,,

    ReplyDelete
  17. eh itu kalau menang kan pengennya dapat 2 tiket nonton kan ya mas, 1 tiketnya buat aku ya hahhahaa...

    aku termasuk yang nulisnya masih asal-asalan dan suka typo,posting blog juga masih mood-moodan, tapi ya semoga aja dengan ikutan LBI jadi lebih rajin.
    sama kayak sarannya mbak Marfa, buat saya ini ukuran font nya kekecilan :D

    @QuelleIdee07

    ReplyDelete
  18. wah om kening emang topp...
    Semoga dengan mengikuti LBI ini kita jadi tahu sudah sejauh mana kapasitas yang dimiliki saat ini...

    :D

    ReplyDelete

My Instagram