Bocah dan Bioskop

Tuesday, April 28, 2015

Minggu pagi kemaren gue lagi males-malesan di kasur sambil googling review film Avengers: Age of Ultron yang kayaknya fenomenal banget. Kebetulan gue ngikutin banget franchise film-film super hero 'didikan' Marvel ini. Jadi gue niatkan dalam hati bahwa gue harus nonton.

Lagi khusyuk-khusyuknya baca review sambil memandang foto Scarlett Johanson yang pakai gaun berbelahan dada rendah, tiba-tiba encing gue negor,
"Bal, elu ada acara kemana hari ini?"
"Mau nonton kayaknya."
"Lu tulungin gue bisa kagak?"
"Apaan? Ngikir emas monas jadi batu akik?"
""Yeee...dengerin dulu napa. Gue ada pengajian, trus pulangnya kondangan ke Mpok Uun yang lagi nyunatin anaknya. Lantas dari siang ampe sore gue bantuin Cing Romlah numbuk uli. Lu bisa ajak si Rafly maen nggak, kemana kek gitu. Berabeh gue kalo dia ngintilin."
Rafly yang dimaksud adalah anak bungsu encing gue yang baru kelas 3 SD. Biasanya, dia lebih akrab dipanggil 'Dede'. Terlintas dipikiran gue untuk ngajak nonton aja.
"Yaudah, ngikut nonton aja."
"Seterah lu deh."
Hal baru bagi gue ngajak nonton bocah yang belom akil baligh sebuah film dengan rate buat remaja. Semoga gue nggak diarak massa ke KPAI.

Semuanya keliatan baik-baik aja. Sebelum encing gue ngomong,
"Bal, si Rafly pan belom pernah sekali-kali acan nonton di bioskop. Elu jagain bae-bae ya."
Waduh, gue kudu antisipasi. Maka dari itu gue langsung ngebriefing nih bocah sebelom berangkat. Dengan suara diberat-beratin ala Dumbledore, gue pun berpesan,
"Inget ya De, kita mo nonton ke bioskop. Bukan layar tancep yang biasa di lapangan Haji Sanwani. Jadi ntar Dede jangan minta jajan lepet, onde-onde, atau telor asin."

Tapi bocah tetaplah bocah. Biar gimana tetep aja tingkah lakunya ajaib. Baru sampe parkiran mol, gue harus ngambil tiket parkir di autogate. Ketika gue mau mencet tombol,
"Dede aja, Dede aja yang mencet."
Oke. Gue izinin.
Ketika gue mau naik lift dan mau mencet tombol ke atas,
"Dede aja, Dede aja yang mencet."
Fine. Gue izinin.
ketika gue beli tiket dan si mbak-mbak milihin tempat duduk di komputernya,
"Dede aja, Dede aja yang..."
"DIAAAM!!!"
Muka gue berubah ijo, Rafly pun diem.

Setelah beli tiket, gue pun ngantri beli pop corn. Tiba lah giliran gue untuk mesen.
"Dede mau pop corn yang asin, apa yang manis?"
"Ummm...cobain dulu dong, Bang."
"....."
Bujug, dia minta nyobain. Dikata ini keripik bayem Cibodas. Akhirnya pilihan jatuh ke pop corn asin, karena gue inget si Rafly ini suka sakit gigi kalo makan yang manis-manis. Gue nggak mau nih anak teriak-teriak histeris karena sakit giginya kambuh.
"Bang Ibal, pop corn-nya pakein nasi. Biar kenyang."
"....."
Sekalian aja tadi gue dari rumah bawa rantang, sambel, lalapan, ama semur jengkol.

Studio pun dibuka. Gue dan Rafly masuk. Yang namanya anak kecil kan gampang bosen. Iklan sebelom film lumayan lama. Rafly mulai gelisah.
"Bang Ibal, Dede mau pulang." Katanya merajuk.
"Kan filmnya belom maen, De."
"Nonton di rumah aja sama Mama."
"Ini film Avengers, De. Bukan Tujuh Manusia Harimau."
"Pokoknya mau sama Mama. Mama Dede mana, mama Dede?"
"Duuuh, mama Dede ada di Indosiar tiap jam 6 pagi."

Akhirnya setelah gue bujuk dengan mengatakan bahwa di akhir film bakal ada door prize berhadiah, nih anak anteng juga. Bahkan dia cukup enjoy menikmati filmnya. Apalagi pas adegan Hulk berantem ama Iron Man karena rebutan lahan parkir, Rafly antusias banget. Dia sampe berdiri di kursi terus niruin gerakan-gerakan penduduk kota yang lari-lari ketakutan. Untung gue milih seat paling atas, coba agak ke bawah dikit, gue bisa kena sambit velg racing.

Sepanjang film gue kudu sabar jawab satu-satu pertanyaan Rafly yang kelewat kritis. Gue harus mengorbankan perhatian gue atas pesona Elizabeth Olsen buat ngeladenin bocah satu ini

"Kok Iron Man bisa terbang? Itu Thor rambutnya gondrong, kok ga kena omel guru piket? Itu musuhnya banyak banget, ada berapa ya? Topeng kapten amerika si pasar malem ada ga? Kok Hulk warnanya ijo?"

Yang mana semunya gue jawab sekenanya,
"Ya udah dari sononya. Guru piketnya masih sodaraan ama Thor. Ada 100. Ada, tapi bagian matanya kagak ada bolongannya. Hulk kebanyakan makan kue klepon."

Acara nonton gue bersama bocah ini berakhir dengan damai. Ada perasaan puas ketika Rafly bercerita ke encing gue tentang film yang baru dia tonton dengan antusias, walaupun ceritanya versi dia sendiri. Dan dia jadi ngefans banget sama Thor.

Hingga tadi pagi,
"Bal, itu anak gue kenapa? Ribut pengen gondrongin rambut terus dari kemaren bawa-bawa martil melulu"
"......"
Gue nggak mungkin jawab bahwa anaknya encing gue ini berambisi jadi penguasa Asgard.

=D

You Might Also Like

38 comments

  1. Hwahahaha berani juga lu ngajakin bocah nonton film. Tapi kelas 3 SD udah cukup ngerti, sih buat diajakin ke bioskop.
    Yang gue ga suka itu ada aja ortu yang ngajakin anaknya yang masih balita (bahkan bayi) buat nonton film. Iya kalo anteng aja, yang ada ini malah bikin ribut dan ganggu penonton lain parah banget lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, banyak tuh waktu itu yang ngajak anak. Tapi untungya nggak ribut-ribut banget sih.

      Delete
  2. Untungnya itu nonton Avengers ya yang banya tokoh super heronya. Coba kalo nonton film horor Indonesia, pasti gak mau pulang tuh bocah haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Trus pulang-pulang tuh bocah mo gondrongin rambut sambil pakai jubah putih.

      Delete
  3. Avengers memang lagi ngetreen sekarang...

    ReplyDelete
  4. Wah asyik nih ke bioskop, aku nggak diajak nih?

    Dari filmnya bagus sih, baca-baca reviewnya juga keren. Tinggal nunggu deh di tv kapan keluarnya. Hehe terus mau nonton bareng mamanya rafly (?)

    Sebegitu kuatnya efek si film avengers sampai2 rafly pingin jadi thor, bawa martil kemana-mana -_-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ntar lebaran atau tahun baru 2017 baru ada di TV. hehehe

      Delete
  5. gue belom pernah tuh ngajak keponakan yang masih sd buat nnton film begituan. apalagi film'' remaja lainnya. takut dmarahin babehny aja si. bhaha

    kdang liat anak kecil gitu, gemes ye. bawannya pengen ngusili. tapi klo pas beli popcorn pengen nyicipin dulu, trus pake dicampur nasi biar kenyang, kyaknya jdi pengen gue banting dah tuh anak. untungnya lu sabar ya. ya sabar sih, jomblo kan ye? *eeh
    coba jelasin ke babehnya, siapa tau abis nnton film entuh, si babehnyaa pengen brubah jadi captain america, kemana'' bawa penggorengan. siapa tau kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Babehnye pengen jadi Hawkeye, kemana-mana bawa joran pancing buat busur panah =D

      Delete
  6. bhahahahaha
    blom nonton aja bungsu sayah sdh terobsesi ilon men

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ambil sisi positifnya aja, Iron Man itu pengusaha kaya yang sukses bukan maen. =D

      Delete
  7. Avengers emang film yang enak buat ditonton. Tapi bukan bareng bocah begituan.

    Mana pertanyaan si bocah kritis abis. Gue jadi gak tau mau koment apaan. Kocak abis tu bocah.

    Terus, kabarnya gimana mama dede? Udah ketemu, kalo belum gue telepon indosiar, ni. :D

    Kasihan, gue rasa bentar lagi tu bocah minta terbangin encang lu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mama Dede lagi sibuk dengerin curhat orang sekampung =D

      Delete
  8. keren pengalamannya, ngajak anak kecil nonton bioskop. Kocak tulisannya, ternyata seorang bocah seru sekali. Di tanyain pertanyaan yang kritis, kok jawabannya kurang greget, hehe.. Btw tujuan seorang bocah memang tidak terduga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Bang Aldi.

      Kalo ditamggepin serius, itu bocah pasti nanya macem-macem lagi. Gue kaga nonton-nonton ntar =(

      Delete
  9. Pasti absurd abis tuh ngajak anak kecil yang belum ngerti apa-apa buat nonton Film yang seharusnya buat Remaja ke atas.

    Pertanyaan-pertanyaan yang keluar dari mulut si Dede terkesan polos dan jujur banget. Ya, namanya juga anak kecil.

    Yang terakhir. Semoga Dede Rafly bisa menjadi Penguasa Asgard beneran. Semoga dia bisa menggunakan palunya dengan baik, yaitu buat mecah batu akik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ahahahaha...jadi juragan bacan ama pancawarna yak? =D

      Delete
  10. Haduh, untung kagak ada KPAI yang mengintai lu pas ngajak adik lu nonton Avengers. kalau kagak, bisa-bisa lu ditangkap. Ngajak anak di bawah umur nonton film beginian, bisa berabe urusannya.

    Yang pertama, seperti cerita lu, sepanjang film dia nanya-nanya mulu, untung lu bisa jawab dan mau ngeladenin, coba kalau kagak, apalagi kalau lu muak sama pertanyaannya, bisa-bisa lu teriak 'DIAM' kayak pas mau beli tiket, muka lu jadi ijo, akhirnya dia nyamain muka lu kayak Hulk :3

    Dan juga, dia udah mulai terpengaruh sama film, itu baru niruin Thor. Kagak bisa bayangin gue kalau dia niruin Hulk, awalnya dia bakal makan klepon selusin (kotak), habis itu langsung ngangkat barang-barang di rumah sambil teriak-teriak :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Muka gue udah kayak Hulk kok. Tapi Hulk yang masih dalam bentuk manusia. *liatin poster Mark Rufallo*

      Delete
  11. Untung ga diajakin nonton Cinderella tu anak :))))
    Duh mak jadi laper baca postingan ini... *cari semur jengkol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jengkolnya yang agak tua Ut, empuk-empuk legit gitu... =D

      Delete
  12. Hahaha kocak nih. :))
    Itu si anak kalo gue yang bawa udah gue tinggal di dalem lift. Hehehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, bisa disantet emaknya gue kalo ninggalin tuh bocah.

      Delete
  13. repot tu bocah. pake mau jadi pandai besi segala. eh thor.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hanjirrr...pandai besi ---____---

      Delete
    2. mau gue bilang ketok magic bro? wkwkw *kabur*

      Delete
  14. Gue curiga, jangan-jangan ini Rafly ketika dia nonton 7 manusia harimau bareng mamahnya, dia langsung merangkak dan mengaum. :o

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ho'oh. Terus mendadak doyan daging ayam mentah.

      Delete
  15. et dah bocah nyusahin aja, kenapa gak sekalian cat ijo tuh badan biar kayak hulk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi kayak Hulk kaga, jadi kayak dadar gulung iya =D

      Delete
  16. Huahahaahahaha entah kenapa aku bacanya aja sampai ketawa kayak gini, gimana rasanya kalo aku bawa ponakanku juga buat nonton bioskop? haha itu kenapa si rafly nggak ditinggal aja di bioskop?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kesian bioskopnya, rugi besar ntar. Hahaha

      Delete
    2. Kesian bioskopnya, rugi besar ntar. Hahaha

      Delete
  17. Ahahaha jdi ketawa ketawa sndiri baca nih postingan. lucu abis deh si Om, wekekeke...tapi krena gue blum liat avengers jdi gue ga tau apa apa soal thor dan teman temannya. Kyknya emng gue prlu nonton nih. Tpi lo anti mainstream lo. Biasanya kan klo nonton orang pda ngajak pacar atao gebetan.lah ini ngajak keponakan yak? Bagus itu...hehehehe

    ReplyDelete
  18. itu baru anaknya, kalo emaknya yang nonton gmn yak?

    ReplyDelete
  19. itu baru anaknya, kalo emaknya yang nonton gmn yak?

    ReplyDelete
  20. Huahahahah.. Latian yaaaa kalok bawa anak sendiri ke bioskop. Kali-kali istri kamu nantinya butuh me time dengan alasan arisan atau reuni.. :P

    ReplyDelete

Google+ Badge

Arsip Blog