Video Stop Motion

Minggu, Desember 21, 2014

Tanggal 20 Desember, ada temen gue yang ulang tahun. Pagi-pagi grup WA udah rame dengan ucapan selamat ke temen gue itu.

Gue memikirkan sesuatu yang beda dari sekedar ucapan secara texting dari keypad HP. Ah, kenapa gue nggak bikin video aja. Tapi video yang kayak gimana? 

Belakangan, gue sering liat iklan yang seliweran di LCD lift kantor gue visual produk yang di promosikan lewat video. Video ini cuma berisi tulisan tangan tapi dengan huruf-huruf yang muncul sendiri. Awalnya gue kira teknik ini pakai teknologi aplikasi komputer. Tapi ternyaya nggak sesusah itu.

Gue yang penasaran ini langsung nyari tau. Dan akhirnya setelah googling sana-sini ketemu deh, jadi teknik pengambilan gambar itu bernama stop motion. Selain untuk efek tulisan yang bisa muncul sendiri, stop motion ini bisa juga dipakai kalo kita mau bikin scene dengan objek yang pindah-pindah dengan cepet tapi dalam satu frame yang sama.

Dengan bermodalkan kamera HP 8MP di Samsung Grand 2, gue nyoba-nyoba 'jurus' baru ini. Aplikasi yang dipakai pertama adalah "Lapse It". Nah aplikasi ini yang ngebantu banget buat bikin efek stop motion-nya. Lu bisa setting jeda waktunya mulai dari satuan milisecond sampe menit. Tinggal syut deh objek yang mau 'dipindahkan' dalam satu frame itu. Cuma lu kudu sabar. Kunci keberhasilan efek stop motion ini adalah, kita harus sering-sering mencet pause and play.

Kebetulan gue pengen nyoba buat ngucapin selamat ulang tahun ke temen gue. Jadilah gue coba bikin sebuah video sederhana. Sayangnya gue ga punya alat yang bikin kamera HP tetep stabil. Jadi agak goyang.

Setelah selesai ngambil gambar, gue retouch deh pakai Viva Video. Hasilnya gini nih: 



video

You Might Also Like

0 komentar

Google+ Badge

Arsip Blog