Nasi Goreng Daun Mengkudu

Minggu, Desember 14, 2014

Yang bisa bangunin gue pagi-pagi pas gerimis di weekend adalah genteng kamar yang bocor dan wangi nasi goreng. Nasi goreng yang masih meletup-letup di wajan.

Pagi ini encing gue masak nasi goreng daun mengkudu. Nasi goreng unik. Gue kurang tau ini khas Betawi atau bukan, tapi gue belom nemuin nasi goreng ini selain di Betawi.

Apa bedanya nasi goreng ini dengan spesies nasi goreng kebanyakan? Ya jelas di daun mengkudunya. Kalo biasanya nasi goreng bertoping gulungan telor dadar, nah ini taburannya adalah irisan daun mengkudu. Ciri lainnya adalah warnanya yang kuning. Kalo diliat sepintas, mirip tumpeng atau nasi kuning. Warna dominan kuning ini berasal dari kunyit. Jadi secara tampilan nasi goreng ini juga  colorful abis. Warna kuning nasinya 'bertabrakan' sama hijau layu daun mengkudunya. Plus aksen merah rintik-rintik dari tumbukan cabe. See? Cocok deh kayaknya buat hidangan natal kalo bisa ngeplatingnya.

Selain rasanya yang enak tingkat "sayang, I love you so much", makanan ini juga sehat. Kalo dari yang gue baca sih kandungan di daun mengkudunya ada antibakteri yang bisa nyembuhin jerawat batu. Buat cewek penting nih, daun mengkudu juga bisa meredakan penyakit pas PMS. Jadi bisa mengontrol fluktuatifnya hormon, sehingga turun naiknya mood juga bisa terkendali. Noh buat cowok-cowok yang punya cewek suka berubah mendadak jadi pemeran antagonis di sinetron Tersanjung, cekokin daun mengkudu aja yang banyak. Yang terpenting daun ini mengandung antioksidan tinggi, bisa cegah kanker serviks dan payudara.

Dulu waktu kecil, nyokap selalu menghidangkan nasi goreng ini buat sarapan. Gue sampe bosen makannya. Tapi sekarang bisa sarapan nasi goreng ini adalah rejeki dan berkah yang berbeda daripada makan nasi goreng biasa. Sebab nggak tiap hari nyokap atau encing gue bisa masak nasi goreng ini. Karena pohon daun mengkudu udah jarang, di Betawi khususnya. Kalopun ada, ya beli.

Jadi gimana? Ada yang mau join buka warung nasi goreng daun mengkudu bareng gue? Setau gue, nasi goreng ini belom ada yang menggunakannya untuk kepentingan komersil. Yuk? =D

Selamat sarapan...



You Might Also Like

4 komentar

  1. Yos, lo bs masaknya. Bikinin dong :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dong, Mbak. Enak dan mual-mual ga dijamin =D

      Hapus
  2. Gue suka mi goreng, tapi gatau kalo rasa yang ini :D

    www.fikrimaulanaa.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba bikin mie goreng daun singkong =D

      Hapus

Google+ Badge

Arsip Blog